v Langsung ke konten utama

Pengertian Webcam

webcam
Pengertian WEBCAM

Webcam disebut pula ‘web camera’ adalah peragkat keras komputer yang berbentuk kamera digital dan dihubungkan ke laptop ataupun komputer. Kemampuanya sama seperti kamera digital lainya, mengambil gambar, merekam video. Hanya saja, webcam dilengkapi pula dengan kemampuan merekan dan mengambil gambar secara live.

Artinya, kamu sebagai pengguna komputer bisa mengirim video dan gambar kamu secara langsung ke pengguna lain di seluruh dunia melalui jaringan internet.

Menurut Wikipedia, webcam berasal dari dua kata: web dan camera, yang merujuk pada kamera berkemampuan riiltime. Webcam pertama yang berhasil diciptakan diberi nama Xcoffee.
Xcoffee dibuat pada 1991 oleh Paul Jardetzky dan Quentin Stafford-Fraser. Awalanya belum terhubung ke internet, baru pada 1993 atas bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson Xcoffee bisa terhubung ke internet.

Tak seperti awal kemunculanya yang terkenal sebagai salah satu hardware mahal, kini sudah banyak laptop yang dilengkapi dengan webcam. Bahkan laptop-laptop kelas murah pun sudah terpasang webcam. Tetapi untuk komputer, kamu harus harus membelinya terlebih dahulu secara terpisah.
Sampai dengan saat ini, sudah ada banyak sekali jenis webcam yang bisa kamu temukan di pasaran. Ada yang bisa dihubungkan dengan port USB dan ada yang bisa dihubungkan dengan wireless.

Umumnya, webcam-webcam tersebut dilengkapi dengan sejumlah fitur utama, seperti Mikrofon, bisa disesuaikan posisinya, sensor terpasang secara build in, lampu indikator dan lain sebagainya.
Berkat perkembangan beberapa aplikasi video call, penggunaan webcam menjadi semakin marak. Misalnya saja untuk Skype. Padalah dahulu tak pernah ada yang menyangkal bahwa webcam akan sepopuler seperti sekarang ini.


Fungsi Webcam

1. Berkomunikasi
Fungsi utama webcam adalah membantu kamu dalam berkomunikasi, khususnya komunikasi langsung. Jadi kamu bisa saling bertatap muka dengan pengguna webcam lain melalui jaringan komputer. Sehingga kamu seolah-olah sedang berbicara dengan seseorang di depan kamu.
Apalagi saat ini telah banyak software yang memiliki fitur video call. sebut saja, Skype, Google Hangout, Viber dan lainya. bisa dipastikan, webcam sangat membantu komunikasi dua orang yang lokasinya saling berjauhan. Bisa pula untuk menghubungi keluarga.
  2. Belajar jarak jauh
Berikutnya, webcam juga bisa kita gunakan untuk belajar jarak jauh. Maksudnya ketika kita ingin belajar bagaimana cara membuat sesuatu dari seseorang, tatapi orang tersebut ada di luar negeri, sedang kamu ada di Indonesia. Maka kamu bisa gunakan webcam.
Keberadaan webcam membuat jarak tak lagi jadi masalah. Kita bahkan bisa melakukan pelatihan atau training melalui webcam. Sekarang sudah ada banyak penawar jasa webinar atau seminar lewat web.

3. Konferensi jarak jauh
Bagi perusahaan, webcam juga cukup membantu. Terutama bila desang diadakain konferensi jarak jauh. Maka lokasi tak perlu lagi dipermasalahkan, kamu bisa memanfaatkan webcam untuk mengikuti konferensi yang berlangsung. Lebih dari itu, antara manajer dan karyawan tak perlu lagi berada di lokasi yang sama hanya untuk sekadar meeting atau rapat.
Nah itulah beberapa fungsi webcam. Melihat fungsinya yang begitu kompleks, tentu kamu ingin tahu bagaimana cara kerja webcam.

Cara Kerja Webcam

 

Memahami bagaimana cara kerja webcam paling mudah adalah dengan menggunakan webcam secara langsung. Minimal kamu harus pernah menggunakan webcam agar kamu bisa memahami cara kerja webcam dengan baik.
Webcam itu kamera kompak yang bisa dipasangkan ke komputer, di laptop kamera ini sudah terpasang secara build-in. Mirip dengan kamera pada umumnya, webcam bisa menangkap gambar untuk membuat foto dan membuat rekaman video. hebatnya lagi, webcam bisa mengirim gambar secara riiltime dengan bantuan koneksi internet.
  • Webcam bekerja dengan cara menangkap cahaya melalui lensa webcam yang terpasang di microchip penerima gambar. Umumnya microchip ini menggunakan teknologi Charge-Couple Device (CCD) atau CMOS.
  • Hasil dari penangkapan gambar yang dilakukan oleh lensa webcam bisa langsung diolah secara digital atau langsung disebar luaskan ke berbagai media melalui internet.
Yang perlu diingat, webcam tidak dilengkapu dengan keping memori atau flash memory card. Sehingga webcam tidak memiliki kemampuan menyimpan gambar atau video. webcam hanya berfungsi untuk merekam dan mengirimkan gambar secara live. Jadi jika kamu ingin menyimpan gambar hasil tangkapan webcam, kamu harus meneruskanya ke media penyimpanan di komputer. Bukan di webcam.
Nah webcam itu kemampuan dan fiturnya berbeda-beda. Tergantung kualitas dan harga webcam. Makin mahal webcamnya, tentu saja makin bagus kualitas dan makin lengkap fiturnya. Da webcam yang bisa menangkan gambar dengan kecepatan 30 gambar per detik, tapi ada juga yang gambar diam setiap 30 detik.
Itulah yang bisa saya jelaskan terkait dengan pengertian webcam serta fungsi dan cara kerjanya. Yang pasti saat ini ada beberapa jenis webcam yang bisa kamu temukan. Ada Serial and Parallel port WebCam, USB WebCam, Firewire and Card Based WebCam dan Network and Wireless Camera.

www.jidokasystem.com

www.jidokasystem.co.id





 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan fungsi Macromedia FreeHand

Pengertian Macromedia FreeHand Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Mac

Tokoh tokoh SEO TERKEMUKA

5 tokoh SEO terkemuka adalah topik kita kali ini setelah kita membahas tentang SEO dan Marketing sobatku. Siapa saja sih orang-orang besar dibalik  SEO? Nah, pada kesempatan in i saya ingin mengajak kepada sobat online semua untuk mengenal lebih dekat beberapa tokoh SEO terkemuka di dunia ini. Ini akan membantu sobat dalam menambah wawasan tentang dunia SEO dan sejarahnya.   Silahkan sobat   lanjutkan membaca artikel ini. 1. Larry Page Larry Page Larry Page atau Lawrence Edward ini adalah salah satu dari pendiri perusahaan search engine yang merajai search engine di seluruh dunia yaitu  Google  dan menjadi presiden produk Google Inc. Larry Page lahir di Lansing, Michigan pada tanggal 26-Maret-1973. Di samping itu Larry Page adalah seorang figur yang sangat di hargai. Pendapatnya selalu menjadi parameter seputar bisnis search engine dan SEO. Larry Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School dengan gelar Bachelor of Science dalam bidang ilmu teknik kom

pengertian dan sejarah microsoft visio

PENGERTIAN MICROSOFT VISIO Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya. Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi se