v Langsung ke konten utama

Pengertian blogger

Pengertian Blog Beserta Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Blog

Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber:Meriam Websrer)
Dari sumber lain, blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Jadi, apa itu blog?

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).

Struktur pada Blog

Saat ini blog memiliki tampilan dan tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai dari blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang hanya memiliki satu kolom. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar, berikut beberapa struktur standar pada sebuah blog:
  1. Header: Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog dan menu blog.
  2. Navbar: Elemen ini biasanya terletak diatas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.
  3. Main blog: Biasanya terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
  4. Sidebar: Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
  5. Footer: Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau formsubscribe untuk diisikan alamat email.

    Sejarah Blog

    1994: Personal Home Page Justin Hall                                                                                                              Cikal bakal blog dimulai pada tahun 1994 oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Tampilan blog Justin sangat sederhana, hanya laman dengan background warna putih polos yang diisi tulisan. Sampai sekarang pun Anda masih bisa mengakses blog Justin.                                                                                                                                           Berkat inisiatifnya membuat jurnal online berisi konten personal, pada tahun 2004 The New York Times Magazine menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger.                                                                                                                                                                                     Walaupun begitu, inisiatif Justin Hall pada awalnya tidak disebut sebagai blog, tetapi sebagai “personal home page”. Justin memanfaatkan personal home page tersebut untuk menuliskan kehidupan pribadinya, dari kuliah, hubungan dengan ayahnya, hingga kehidupan asmaranya                                                                                                                                    1997: Muncul Istilah Weblo                                                                                                                              Baru pada tahun 1997, Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog yang merupakan gabungan dari kata web dan log. Jorn Barger memutuskan untuk menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan aktivitas internetnya, yaitu “logging to the web” yang berarti mencatat di web dalam Bahasa Indonesia.          

  6. Selain memperkenalkan istilah weblog, Jorn Barger juga adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep kronologi dalam weblognya sendiri, yaitu Robot Wisdom. Konsep kronologi ini memungkinkannya menempatkan postingan terbarunya di urutan teratas dalam weblog. Dengan begitu pengunjung bisa membaca postingan dari yang terbaru sampai postingan terlama.                                                                                                                1999: Istilah Blog Dikenalkan

Istilah weblog bertahan selama dua tahun, sampai Peter Merholz, seorang desainer website memperkenalkan istilah “blog” sebagai kependekan dari weblog. Di blog pribadinya, Peter Merholz menyatakan bahwa ia memang menyukai permainan kata dan ia tidak menyangka keputusannya untuk menyebut weblog sebagai blog akan berdampak besar hingga saat ini.

1999: Lahirnya Blogger, LiveJournal, dan Xanga


Tahun 1999 masih menjadi tahun penting bagi sejarah blog. Tahun ini menjadi tahun dirilisnya tiga platform blog personal. LiveJournal menjadi platform blog pertama yang didirikan pada tahun tersebut oleh Brad Fitzpatrick.
Pyra Labs yang digawangi oleh Evan Williams dan Meg Hourihan menyusul LiveJournal pada Agustus 1999 dengan platform blog bernama Blogger. Kemudian dilanjutkan dengan kehadiran platform blog ketiga, yaitu Xanga.

2003: Akuisisi Blogger dan Lahirnya WordPress


Tahun 2003 menjadi tahun penting dalam sejarah blog. Pada Februari 2003, Google resmi mengakuisisi Pyra Labs, pembuat Blogger. Akuisisi tersebut menandakan bisnis blog memiliki masa depan cerah.
Di tahun yang sama, pesaing utama Blogger, yaitu WordPress resmi diluncurkan. Blogger dan WordPress sama-sama menyediakan layanan blog personal gratis. Selain gratis, layanan yang disediakan oleh WordPress dan Blogger termasuk mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi orang yang awam teknologi sekalipun.

2018: WordPress Menjadi Platform Paling Populer

Dalam 15 tahun perjalanannya, WordPress berkembang tidak hanya menjadi platform penyedia blog. WordPress juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website, dari toko online hingga website perusahaan. Bahkan WordPress menguasai market share CMS website dengan angka 5, sedangkan Blogger harus puas dengan market share sebesar 2 persen.  


Sejarah Blog di Indonesia

Di Indonesia sendiri, blog mulai dikenalkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikel berjudul “Apa itu Bloger”. Berkat inisiatifnya mempromosikan blog di Indonesia, beberapa media massa Indonesia menyebutnya sebagai Bapak Blogger Indonesia, The Jakarta Post adalah salah satunya.

Kiprahnya memperkenalkan blog kepada masyarakat Indonesia tidak hanya berhenti di postingan “Apa Itu Blog?”. Enda juga aktif berbicara di berbagai media untuk memperkenalkan apa itu blog dan kebebasan berbicara.
Enda juga memprakarsai Pesta Blogger yang pertama kali diadakan pada 27 Oktober 2007 Enda bersama beberapa blogger nasional lain mengadakan Pesta Blogger yang juga bekerja sama dengan perusahaan konsultan komunikasi, Maverick. Acara ini bertujuan menjadi ajang berkumpulnya para blogger Indonesia untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.
Di Pesta Blogger pertama tersebut Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh, berinisiatif menyebut 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional di sambutan pembukaan acara. Sampai saat ini 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional dan dirayakan oleh para blogger di berbagai daerah.  
Pada tahun 2015, Antara melaporkan terdapat 3,5 persen blogger dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 3 juta blogger. Angka ini termasuk kecil, mengingat penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta orang. 

www.jidokasystem.com
www.jidokasystem.co.id                                                                            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan fungsi Macromedia FreeHand

Pengertian Macromedia FreeHand Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Mac

pengertian dan sejarah microsoft visio

PENGERTIAN MICROSOFT VISIO Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya. Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi se

Tokoh tokoh SEO TERKEMUKA

5 tokoh SEO terkemuka adalah topik kita kali ini setelah kita membahas tentang SEO dan Marketing sobatku. Siapa saja sih orang-orang besar dibalik  SEO? Nah, pada kesempatan in i saya ingin mengajak kepada sobat online semua untuk mengenal lebih dekat beberapa tokoh SEO terkemuka di dunia ini. Ini akan membantu sobat dalam menambah wawasan tentang dunia SEO dan sejarahnya.   Silahkan sobat   lanjutkan membaca artikel ini. 1. Larry Page Larry Page Larry Page atau Lawrence Edward ini adalah salah satu dari pendiri perusahaan search engine yang merajai search engine di seluruh dunia yaitu  Google  dan menjadi presiden produk Google Inc. Larry Page lahir di Lansing, Michigan pada tanggal 26-Maret-1973. Di samping itu Larry Page adalah seorang figur yang sangat di hargai. Pendapatnya selalu menjadi parameter seputar bisnis search engine dan SEO. Larry Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School dengan gelar Bachelor of Science dalam bidang ilmu teknik kom